Honda Idaman-ku
Kalau berbicara
masalah motor Honda, pasti terbenak kita karena kualitasnya, karena iritnya dan
karna teknologinya, sehingga sampai saat ini saya sampai memiliki 3 motor
Honda. Yg pertama Honda astrea grand, kedua Vario techno CBS dan terakhir saya
belum lama beli untuk istriku tercinta yaitu Honda scoopy. Ada cerita sebelum saya membeli motor scoopy,
awalnya saya bimbang pengen beliin motor untuk istri saya itu merek apa dan
motor apa, akhirnya saya Tanya ke istri saya, kamu mau motor apa bun ? Tanya
saya ke istri dengan sepontannya dia menjawab motor scoopy aja yah kata istri
saya dan saya pun bertanya lagi ke istri saya, emangnya kenapa pilih motor
scoopy ? dia pun langsung menjawab, scoopy itukan dari Honda yah, pasti irit
udah gitu bentuknya clasik yah dan enak dilihatnya, ok lah kalau begitu ( kata
saya ). Setelah saya selesai bertanya ke istri saya, lalu saya bertanya lagi ke
ibu saya. Mah aku mau beli motor nich buat istriku, kira-kira yg bagus apa ya…?
Tanpa berpikir panjang ibu saya menjawab motor Honda aja irit dan kalaupun di
jual lagi harganya tetap tinggi ( ibu saya menjawab ), okelah kalau begitu
kataku, tanpa pikir panjang saya langsung berangkat ke deler motor Honda dekat
rumah saya dan saya pun langsung memesan motor yang istri saya inginkan.
Dari pengalaman
saya motor Honda itu irit. Itulah kenyataan. Teknologi motor Honda
menjadikannya irit. Di era 1980-1990, Honda mengenalkan teknologi Econo Engine.
Teknologi ini tersemat di Honda C700 sampai Honda Prima yang legendaris. Tuntutan
pasar menginginkan kapasitas mesin lebih besar untuk peningkatan performa namun
tetap diiringi dengan konsumsi bahan bakar yang hemat. Karena itulah pada tahun
2002, Honda mengenalkan teknologi Fuel Efficient Engine (FE2) di Honda Karisma.
Meski kapasitas mesin Karisma 125 cc, konsumsi bahan bakarnya tetap bisa
irit.Tak berhenti sampai di situ, Honda kembali mengenalkan teknologi baru di
Honda Supra-X 125 dengan menanam sistem injeksi yang dinamai PGM-FI (Programmed
Fuel Injection) pada tahun 2005. Dengan PGM-FI, motor Honda tak hanya irit
bahan bakar tapi juga memiliki performa bagus serta ramah lingkungan.Pada tahun
2008, Honda meluncurkan teknologi EFT (Engine low Friction Technology) pada
produk Honda Absolute Revo dan Honda Blade. Teknologi ini secara efektif
membuat mesin bekerja semakin efisien. Ujung-ujungnya, konsumsi bahan bakar tak
hanya jadi semakin hemat namun juga meningkatkan performa. Honda kembalimembuktikan
keunggulan teknologinya lewat eSP (Enhanced Smart Power). Teknologi ini pertama
kali ditanam di Honda Vario 125 PGM-FI. Meski diperkenalkan pada tahun 2012,
teknologi eSP jauh mengungguli teknologi dari motor merek lain yang baru
diperkenalkan tahun 2014 ini.Teknologi ini sanggup menepis pendapat dan
anggapan kalau motor matik itu boros. Dari ulasan yang dirangkum beberapa media
otomotif nasional, Honda Vario 125 PGM-FI bahkan merupakan salah satu motor
teririt di Indonesia
saat ini.
Di tahun ini Honda mengenalkan
technologynya yaitu Honda
Smart Technology berbagai technology diperkenalkan
olehnya diantaranya :
eSP
teknologi mesin
terbaru inovasi Honda yang diterapkan secara global, melalui aplikasi teknologi
mutakhir dan ACG starter, dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi
dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan.
Teknologi PGM-FI dikendalikan secara
elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan
mesin di setiap keadaan. System injeksi ini mengandalkan peran berbagai
komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat control mesin ECM
(Engine Control Module), yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen
keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan
emisi yang ramah lingkungan.
CBS Teknologi canggih yang membantu
menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal, memungkinkan
kemudahan pengoperasian rem dengan menarik tuas rem kiri, rem depan, rem
belakang dapat berfungsi dengan tepat.
ISS Fitur Premium kelas dunia untuk efisiensi bahan bakar dan emisi
gas buang yang lebih baik. Setelah berhenti lebih dari 3 detik, dan mesin
otomatis menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi ini membantu mencegah
bahan bakar terbuang percuma. Lebih irit dan ramah lingkungan. Performa mesin
dan aki tetap optimal.
Answer Back System adalah sistem yang bekerja dengan menggunakan
sinyal radio melalui remote. Saat remote ditekan yang sudah terintegrasi dengan
kunci, motor akan memberi tanda berupa suara yg dihasilkan buzzer dan kedipan
dari lampu sein depan - belakang sehingga pengendara dapat segera mengetahui
dimana posisi motornya disimpan. Dengan fitur ini maka pengguna akan terbantu
dalam mendeteksi keberadaan motor secara otomatis.
led HEADLIGHT Teknologi lampu LED Sangat hemat daya namun
menghasilkan sorot lampu lebih terang. Umur pakai jauh lebih lama, Tingkat
panas yang dihasilkan lebih rendah, Serta tingkat pencahayaannya yang baik
sehingga memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi.
Inilah
membuktikan bahwa Honda selalu konsisten dengan menyempurnakan
produk-produknya. Bukti dari konsitensinya ini pada versi OTOMOTIF di
tahun 2014
Honda menyabet gelar :
Kategori Cub
The Best Low Cub 110-115 cc : Honda New Revo FI
The Best Cub 125 cc : Honda Supra X
125 Helm in PGM-FI
Kategori Skutik
The Best Low Skutik 110-115 cc : Honda BeAT FI
The Best Skutik Retro 110-115 cc :
Honda Scoopy FI
The Best Skutik 125 cc : Honda
Vario 125 CBS ISS
The Best Skutik Premium : Honda PCX150
Best of the Best Skutik: Honda Vario 125 CBS ISS
Kategori Sport
The Best Low Sport 150-180 cc : Honda Verza 150
Special Award
Positivity Award
: Honda Verza 150
Untuk
menentukan yang terbaik, dipakai parameter penilaian sebagai berikut. Kategori
motor meliputi desain, fitur dan teknologi, riding position, handling dan
performa, harga dan konsumsi bensin. Selamat untuk Honda atas kesuksesannya…….
“” Masukan
untuk Honda agar motor lebih aman dari curanmor yg sedang marak, semoga motor Honda
menggunakan Immobilizer Keys di suatu saat nanti seperti pada mobil.
Immobilizer
Keys sebuah sistem manajemen mesin di dalam ECU(Electronic Control
Unit/komputer yang mengatur system mobil) yang dapat mengenali sinyal yang
dikirimkan dari kunci. Hal ini melibatkan penempatan sebuah microchip di kepala
kuncinya, dimana chip tersebut adalah sebuah transmitter dan receiver mini.
Apabila sinyal tidak dikenali, maka ECU tidak mengirimkan arus sehingga mesin
tidak dapat dinyalakan””. Terimakasih…………….